Rabu, 10 September 2008

Garuda Wisnu Kencana (GWK)


Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah lokasi wisata di pulau Bali dimana terdapat sebuah patung raksasa bernama "Garuda Wisnu Kencana" yang merupakan patung dewa Wisnu. Kawasan ini terletak di desa ungasan, jimbaran Bali. Patung yang dibuat oleh seorang pemahat Bali lulusan ITB Bandung bernama I nyoman Nuarta ini tampaknya masih belum selesai dikerjakan karena tangan dari patung ini masih belum ada. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton. Monumen ini didirikan di perbukitan karang dan kapur di tengah semenanjung Nusa Dua (bagian “kaki” pulau Bali). Konon, dulu kawasan ini menjadi tambang batu untuk sebagai bahan bangunan dan urugan proyek infrastruktur dan properti di Bali. Kemudian, karena sayang dibiarkan terlantar, seorang seniman Bali yang tinggal di Bandung yaitu I Nyoman Nuarta, menggagas kawasan ini dibuat sebagai tempat untuk membangun sebuah monumen. Dan tokoh Dewa Wisnu yang mengendarai burung Garudalah yang dipilih.
Monumen ini direncanakan dibuat dengan ukuran raksasa dengan skala yang monumental. Karena besarnya dimensi monumen, maka dibuatlah bertahap bagian demi bagian. Saat ini yang sudah selesai adalah patung Dewa Wisnu dari bagian perut ke atas serta lengan sampai telapak dan jari tangan, serta patung Garuda dari bagian leher dan kepala.
Melihat ukuran patung Dewa Wisnu dari bagan perut sampai mahkota kepalanya yang mencapai ukuran sekitar 10 meter, dapat dibayangkan jika nanti sudah selesai. Mungkin bisa mencapai 30 meter dari kaki Garuda sampai mahkota Dewa Wisnu. Dengan ukuran sedemikian, diharapkan monumen ini jika sudah jadi dapat terlihat dari pantai Jimbaran, Benoa, Nusa Dua dan Bandara Ngurah Rai.

Tidak ada komentar: